Tuesday, December 30, 2014

Dianggap gila, blogger China ingatkan terus jelang tragedi AirAsia

Dianggap gila, blogger China ingatkan terus jelang tragedi AirAsia




LENSAINDONESIA.COM: Penyebab tragedi yang menimpa AirAsia QZ 8501 pada Minggu (28/12/14) masih misterius. Pesawat QZ 8501 yang hilang kontak pasca terbang dari Bandara Juanda,

Surabaya menuju Singapura itu pun memantik beragam spekulasi di dunia maya.


Terakhir, kontak dengan menara kontrol di Jakarta, tercatat pukul 06.17 WIB pada Minggu itu. Kemudian menghilang, kejadian ini mengingatkan peristiwa menimpa MH370 yang sampai saat ini juga masih misterius.


Baca juga: Ini daftar nama korban pesawat AirAsia QZ 8501 asal Surabaya dan Sudah ada 30 orang tes DNA untuk identifikasi korban AirAsia QZ 8501


Di antara berbagai spekulasi yang mencuat, selain menyamakan dengan MH370, ada yang menyebut faktor cuaca, bahkan sampai ada juga yang berspekulasi jauh mengaitkan dengan sebuah gerakan konspirasi.


Ada sebuah peringatan oleh seseorang di forum blog China yang kini ramai dibicarakan di situs Reddit. Situs ini belakangan sempat di-hack. Tepat 13 hari menjelang kejadian menimpa AirAsia QZ 8501, pemilik akun di dunia maya itu memberi peringatan agar tidak menggunakan pesawat AirAsia. Ini terkait dengan teori konspirasi yang sebelumnya juga ramai dibicarakan.


Peringatan yang diberikan seseorang dengan akun LandLord di forum bbs.tianya.cn itu diceritakan kembali oleh seorang pengguna Reddit bernama lolrus_bukkit. Disebutkan, peringatan sang pengguna forum di China itu jelas isinya, yaitu pihak yang telah menjatuhkan MH370 juga sedang mengincar Airline Malaysia lainnya. Tujuannya untuk menghancurkan industri penerbangan Malaysia atau semacamnya.


Postingan original di forum China itu, tertanggal 15 Desember 2014 dan mengundang banyak komentar, malah, ada yang menyebut bahwa LandLord itu gila. Lantaran LandLord sempat melakukan peringatan terus menerus, dan berhenti beberapa hari hingga tak ada postingan apa pun, sampai akhirnya terjadi musibah menimpa pesawat AirAsia QZ8501.


Posting asli berbahasa China, kemudian ditranslate oleh salah satu pengguna Reddit itu, dan terjemahan ke dalam setidaknya seperti berikut ini;


Teori KonspirasiL

Black hand, sebuah organisasi bayangan yang melakukan pekerjaan di balik layar menembak jatuh MH370 dan MH17. Kejadian ini cukup melumpuhkan maskapai penerbangan besar ke-6 dunia, Malaysia Airline. Sekarang, Black Hand sedang menargetkan AirAsia, yang juga milik Malaysia. Saya sarankan agar semua orang Tiongkok menghindari perjalanan dengan AirAsia, sehingga anda tidak menghilang seperti yang terjadi pada MH370.


Sampaikan pesan ini kepada teman-teman Anda untuk menghindari Malaysia Airline dan AirAsia.


Seseorang kemudian bertanya; “Bagaimana kau tahu ini?”. Anggota forum lain juga ada yang menertawakan peringatan tersebut.


LandLord (user forum tersebut) kembali meposting peringatan terhadap mereka yang seolah tak menghiraukan.


“Anda semua warga sipil, bisa menghindari. Semua orang yang melihat posting ini bisa menyelamatkan diri. Setelah semuanya reda, akan aman melakukan perjalanan ke Malaysia. Jangan menjadi korban, menghindarlah.”


Setelah banyak olok-olok, LandLord kembali mengulangi peringatannya.


“Ini adalah pesan untuk menyelamatkan jiwa. Jangan abaikan ini. Setelah terjadi, Anda akan menemukan peringatan ini sudah terlambat.”


Lagi, Landlord mengulangi peringatannya.


“Jangan menjadi korban, pergilah bersembunyi dan hindari Malaysia Airline dan AirAsia dengan kehidupan yang berharga, dan kemana Anda adalah yang terpenting.


Postingan itu mengundang perhatian netizen hingga dilihat 650.000. Ketika banyak mengolok-olok, LandLord hanya membalas dengan nada seolah menghasut “Curigalah terhadap…”.


Di tengah banyak yang tidak percaya, ada juga anggota forum yang mempercayai dan memilih menghindari maskapai tersebut.

Setelah tanggal 17 Desember, LandLord tidak memunculkan postingan lagi.


Dalam sebuah komentar, ada pengunjung yang mengatakan bahwa kata “LandLord” adalah sebuah kesalahan penerjemahan yang dalam arti sebenarnya adalah “OP”.


Sang pembuat diskusi, lolrus_bukkit kemudian juga menyebut ada informasi dari berbagai situs China, bahwa orang yang memberi peringatan tersebut adalah seorang intelejen China, atau seorang hacker yang berhasil mendapatkan informasi sensitive dan berusaha menyelamatkan orang-orang.


Apakah spekulasi benar atau tidak, faktanya musibah AirAsia QZ 8501 belum diketahui pasti penyebabnya. Semua turut berduka, dan berharap agar nasibnya tak menyusul MH370 yang

masih tetap berkabut. @nn/licom


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment