Thursday, March 27, 2014

Demi keselamatan TKI, diplomasi harus diperkuat

Demi keselamatan TKI, diplomasi harus diperkuat




LENSAINDONESIA.COM: Partai Hanura kembali menegaskan perhatiannya soal harus adanya perlindungan negara secara maksimal atas keselamatan warganya. Termasuk bagi warga yang bekerja di luar negeri menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).


Demikian ditegaskan oleh Hary Tanoesoedibjo (HT) saat menjadi Juru Kampanye Nasional Partai Hanura di depan puluhan ribu simpatisan Hanura di Lapangan Sekarwangi, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/3).


Baca juga: Inilah solusi atasi persoalan buruh menurut Harry Tanoesoedibjo dan Hanura: Presiden SBY harus tuntaskan uang diyat Satinah


“Pemerintah Indonesia harus mampu mendesak kesepakatan yang bisa menjamin keselamatan dan keberadaan TKI di luar negeri. Harus berani dan bisa,” ujarnya.


Selain itu, Hary Tanoesoedibjo juga menyoroti keharusan kemampuan diplomasi yang harus lebih kuat sehingga memiliki posisi tawar dengan pemerintah negara lain tempat tujuan para TKI. Hal lanjut Hary, bisa menjadi faktor penekan ketika berunding mendesak perlakuan yang adil di negara tujuan, maupun ketika bernegosiasi memperjuangkan TKI yang bermasalah.


“Pemerintah Indonesia harus menunjukkan bahwa kita berdaulat dan kuat di depan negara lain. Jadi, berdaulat tidak hanya untuk soal pertahanan keamanan tapi juga ketika melindungi saudara-saudara kita yang menjadi TKI,” tegas HT.


Di sisi lain, tambah bos MNC Group ini, lapangan kerja di Indonesia harus dibuka lebar. Agar, masyarakat bisa bekerja dan berusaha serta tidak perlu mengadu nasib di negara lain.


“Negara kita memiliki sumber daya alam yang cukup. Jika seluruh potensi ini dikelola dengan maksimal, lapangan pekerjaan juga akan terbuka secara sendirinya,” jelas Cawapres yang diusung Partai Hanura ini.


Masalah ketersediaan lapangan pekerjaan ini lanjut Hary Tanoesoedibjo akan menjadi problem besar seiring dengan semakin besarnya jumlah populasi penduduk Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, Hanura sendiri kata HT telah menyiapkan berbagai strategi, diantaranya adalah meningkatkan produktifitas masyarakat bawah sehingga kesejahteraannya meningkat.


“Visi misi Hanura jelas untuk masyarakat bawah, yakni memaksimalkan potensi dalam negeri, meningkatkan produktfitas nelayan, petani, buruh dan mendorong tumbuh kembangnya sektor UMKM,” terangnya.


Meski diguyur hujan, dalam kampanye terbuka ini, antusiasme masa kampanye partai Hanura tidak berkurang. Teriakan Hanura menang dari masa kampanye semakin kencang diteriakan di sela-sela orasi HT. “Antusiasme masyarakat Sukabumi menunjukkan bahwa ada keinginan yang besar terhadap perubahan,” ujar HT dengan pakaian yang sudah mulai basah.


Sebelum mengakhiri kampanyenya, Ketua Bapilu Hanura ini juga memberikan simulasi pencoblosan surat suara. Hadir Wakil Ketua Bapilu Hanura, Arya Sinulingga. Sekretaris Bapilu Hanura, Ahmad Rofiq, fungsionaris Partai Hanura DPD Jawa Barat, DPC Hanura Sukabumi serta puluhan caleg Hanura untuk DPRI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten se-Jawa Barat. @firdausi


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment