Sunday, March 30, 2014

Pengembangan sekolah kejuruan untuk optimalkan potensi SDM

Pengembangan sekolah kejuruan untuk optimalkan potensi SDM



LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Suhardi mengatakan berdasarkan sejumlah fakta yang ada, pendidikan di Indonesia tidak sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Pasalnya, sumber daya alam masih banyak yang bisa dikembangkan. Perlu dikembangkan sekolah kejuruan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh negara ini.


“Sekolah kejuruan yang dimaksud adalah sekolah yang memberikan pengetahuan dan kecakapan khusus bagi output dalam bidang-bidang tertentu seperti bidang pertanian, kehutanan, kelautan, kesejahteraan sosial, seni, industri, kepariwisataan, dan lain sebagainya. Melalui sekolah-sekolah kejuruan seharusnya dapat dikaji peluang dan tantangan serta kualifikasi individual yang dibutuhkan dalam bidang-bidang tersebut,” ungkapnya kepada lensaindonesia.com, Minggu (30/03/14).


Baca juga: Gerindra dorong penyediaan lapangan kerja untuk solusi problem TKI dan Subsidi BBM, salah satu penyebab kebocoran uang negara


Menurut Suhardi, melalui sekolah kejuruan akan diperoleh peta permasalahan yang ada, hambatan-hambatan pengembangan yang muncul, serta alternatif solusi yang relevan dengan kondisi objektif tersebut. ”Termasuk juga Balai Latihan Kerja (BLK) yang mampu memberikan kecakapan yang lebih spesifik dalam bidang-bidang tertentu,” terangnya.


Disamping itu, BLK ini perlu mendapat perhatian khusus terutama dalam peningkatan kemampuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mengingat faktanya pada tahun 2012 saja sumbangan devisa dari TKI mencapai US$ 7 miliar, dengan jumlah tenaga lebih kurang 4 juta orang.


“Bila semua itu dilakukan TKI yang dikirim ke luar negeri mempunyai kompetensi dan profesionalitas tidak seperti sekarang dimana banyak TKI yang dikirim ke luar negeri justru tidak dibekali kemampuan yang cukup sehingga akhirnya menimbulkan masalah di luar negeri,” tandasnya.


Seperti diketahui, Salah satu dari program kerja Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dituangkan dalam 6 Program Aksi Transformasi Bangsa Partai Gerindra adalah meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia melalui program pendidikan, kesehatan, sosial, agama, dan budaya, serta olahraga. Salah satu program pembangunan dibidang pendidikan adalah mengembangkan sekolah-sekolah kejuruan pertanian, kehutanan, maritim, dan industri, termasuk BLK yang ada. @kiki_budi_hartawan/muhammadrusjdi


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment