Friday, May 30, 2014

Diskominfo Kota Bandung ajak PWI tingkatkan kinerja dan kemitraan

Diskominfo Kota Bandung ajak PWI tingkatkan kinerja dan kemitraan




LENSAINDONESIA.COM: Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung, Drs.H. Aos Bintang meminta seluruh anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) agar lebih meningkatkan lagi kinerja, lebih profesional dengan tetap berpegang pada kode etik jurnalistik.


PWI juga diharapkan bisa menjadi mitra Pemkot Bandung dalam mewartakan kegiatan pembangunan di Kota Bandung untuk bersama-sama menjadikan Bandung Juara.


Baca juga: Inilah caleg yang lolos menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dan HUT 100 tahun ACE Hardware bersihkan tiga Museum di Bandung


Demikian dikatakan Kadis Kominfo Kota Bandung H. Aos Bintang ketika membuka Rapat Kerja PWI Pokja Kota Bandung 2014 di RM Sindang Reret, Jl Surapati, Bandung, Jumat (30/05/2014).


Acara Raker tersebut dihadiri juga pengurus Cabang PWI Jawa Barat diantaranya Syafrin Zaini, Yayat Tahyat, Wawan dan agus Dinar serta diikuti oleh 40 anggota PWI Pokja Kota Bandung, baik dari wartawan Cetak , Elektronik maupun Online.


Aos Bintang juga menyampaikan permintaan maaf Pak Walikota Bandung Ridwan Kamil tidak bisa hadir karena ada kegiatan diluar kantor. Namun, Pak Walikota berpesan, bahwa pada prinsipnya Pemkot Bandung akan mendukung hasil Raker PWI Pokja Kota Bandung yang akan dituangkan dalam program kerja.


“Kita ( Pemkot-red) harapkan semoga raker ini akan menghasilkan program kerja yang mampu memberikan gagasan yang baru untuk kemajuan kota Bandung dan kesejehteraan masyarakat Bandung,” kata Aos.


Aos juga mengatakan, guna menjalin kemitraan dengan media massa dan wartawan, Walikota Bandung sudah mencanangkan akan melakukan pertemuan dengan Forum Pimred dan wartawan Harian, Forum Pimred dan wartawan Mingguan dan Forum Wartawan Elektronik/Online.


“Selain itu, juga Pak Walikota Ridwan Kamil sudah meminta kita (Diskominfo-red) untuk melakukan kunjungan silaturahmi ke beberapa redaksi media cetak, elektonik dan online yang ada di Bandung,” ujarnya.


Untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Pokja, Kadiskoinfo menyarankan agar membentuk Koperasi wartawan Pokja Kota Bandung. “Urus legalitasnya, dan terkait modal awal, silahkan saja permohonan dukungan ke Pak Walikota,” sarannya.


Sementara itu, Ketua PWI Pokja Kota Bandung Bambang Ganefo didampingi Sekretaris Ahmad Sukri dan Bandahara Zaenal Ihsan dalam paparan raker mengatakan, bahwa Raker baru yang pertama. Karena SK Kepengurusan PWI Pokja Kota Bandung dikeluarkan pada 4 Maret 2014 yang lalu.


Bambang menyampaikan, sebagai organisasi profesi, profesional anggota PWI hasil lebih dikedepankan yakni mengutamakan pemberitaan secara utuh dan seimbang. Sehingga memberikan kapastian dan rasa keadilan bagi semua pihak.


PWI kota Bandung merupakan mitra pemerintah yang bersifat strategis, untuk itu visi-misi PWI berjalan pararel dengan visi-misi Pemkot Bandung terutama dalam mewujudkan Kota Bandung menjadi ‘Bandung Juara Bermartabat’.


Ahmad Syukri selaku Sekretaris menambahkan, program yang telah dirancang diantaranya tentang Kesekretariatan; program peningkatan kesejahteraan anggota, program peningkatan profesi dan program membangun kota Bandung.


Untuk program kesekretariatan, Pak Walikota Ridwan Kamil sudah mengijinkan untuk menempati ruangan di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bandung, jalan Aceh No.51 Bandung.


Sedangkan untuk peningkatakan kesejahteraan anggota dicanangkan akan menghidupkan kembali Koperesi Wartawan Pokja, melakukan pelatihan entrepreneurship ( Kewirausahaan) bagi anggota.


Untuk program peningkatan profesi, akan diadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sedangkan untuk program Peduli Bandung, akan diadakan program sosialisasi Perda K3, program lingkungan hidup berupa gerakan mengurangi sampah plastik.


Hal yang tidak kalah penting adalah program Citizen Jurnalism. Program ini adalah permintaan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Diharapkan melelui program Citizen Jurnalism ini, warga di setiap RW dapat melaporkan setiap kejadian di tempat tinggalnya, seperti jalan rusak, banjir, pohon tumbang, wabah penyakit dan lain-lain.


Program Citizen Jurnalism ini warga dapat mengirim foto dan membuat laporan/tulisan untuk disampaikan ke Walikota melalui portal : www.bandung.go.id. Untuk itu, PWI Pokja Kota Bandung mengambil bagian dari program ini melalui pelatihan reporting dan foto untuk warga, pungkas Syukri.@husein


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment