Saturday, June 28, 2014

Imbang 1-1, Brazil vs Chile Lanjut ke Extra Time

Imbang 1-1, Brazil vs Chile Lanjut ke Extra Time




LENSAINDONESIA.COM: Hasil akhir dua kali 45 pertandingan antara Brazil vs Chile Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014) malam WIB, sama kuat 1-1.


Skor imbang ini memaksa kedua tim harus melakoni babak tambahan alias Extra Time untuk menentukan pemenang.


Baca juga: Luis Suarez dilarang bermain bola empat bulan dan Menpora favoritkan Brasil juara Piala Dunia 2014


Pada pertandingan ini, kedua tim bermain sangat impresif sehingga laga berjalan sangat alot. Saat lima menit pertandingan berjalan, Brazil sudah mendapatkan peluang. Berawal dari sebuah sepak pojok, bola jatuh di kaki Marcelo. Setelah mengecoh satu pemain Chile, Marcelo langsung melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih menyamping.


Pada menit ke-12, Hulk yang menusuk ke dalam kotak penalti Chile bertabrakan dengan pemain Chile. Namun, wasit Howard Webb menyatakan bahwa itu bukan pelanggaran dan karenanya tidak ada penalti untuk Brasil.


Brazil akhirnya unggul pada menit ke-18 ketika tendangan sudut Neymar disambar oleh Thiago Silva dengan sundulan. Sundulan tersebut mengarah ke tiang jauh tempat David Luiz berdiri dan langsung diteruskan ke dalam gawang oleh pemain berambut keriting tersebut.


Tertinggal, Chile tidak mengendurkan permainan. Pada menit ke-32, mereka menyamakan kedudukan menjadi 1-1.


Berawal dari sebuah lemparan ke dalam, bola jatuh di kaki Hulk. Namun, Hulk melakukan kesalahan passing dan bola jatuh di kaki Eduardo Vargas. Dengan cepat, Vargas langsung melepaskan operan ke dalam kotak penalti Brazil.


Banyaknya ruang di dalam kotak penalti Brazil memungkinkan Alexis Sanchez untuk melepaskan tendangan. Pemain Barcelona itu melepaskan tendangan datar ke arah sudut dan kiper Julio Cesar tak mampu menjangkaunya.


Dengan mengandalkan kecepatan para pemainnya, Brazil kerap merangsek masuk ke dalam kotak penalti lawan dengan menggunakan dribbling. Namun, berkali-kali usaha mereka gagal.


Jika usaha untuk menusuk masuk ke dalam kotak penalti gagal, Brazil mencoba dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Pada menit ke-41, Dani Alves melepaskan sepakan dari luar boks. Tendangannya memang mengarah tepat ke gawang Chile, namun kiper Claudio Bravo masih bisa menepisnya.


Babak pertama kemudian berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1. Kendati tidak membuat peluang sebanyak Brazil, Chile justru unggul dalam penguasan bola, yakni 57:43.


Pada awal-awal babak kedua, Brasil sempat menceploskan bola ke dalam gawang Chile lewat Hulk. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Howard Webb menganggap Hulk melakukan handball lebih dulu. Hulk sendiri mempertanyakan keputusan itu karena merasa bola hanya mengenai daerah di sekitar dada dan pangkal lengannya.


Chile kemudian berkali-kali merepotkan pertahanan Brazil lewat pressing ketat yang mereka peragakan sejak babak pertama. Salah satu peluang terbaik mereka dalam pertandingan ini ada di menit ke-64 lewat Charles Aranguiz.


Berawal dari kerjasama apik di sisi kiri pertahanan Brasil, bola diteruskan kepada Aranguiz yang berada di dalam kotak penalti Brazil. Dengan sigap, Aranguiz langsung melepaskan tendangan keras dan terarah. Tapi, Julio Cesar bereaksi dengan amat baik. Sepakan Aranguiz tersebut masih bisa diblok olehnya.


Fred, yang kembali tampil di bawah standar, akhirnya digantikan oleh Jo. Pada menit ke-74, Jo sempat mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Hulk, Jo yang berada di tiang jauh langsung melepaskan sontekan kaki kanan. Sial bagi Jo, sontekannya masih melebar tipis.


Brasil terus menggempur pertahanan Chile. Namun, briliannya performa kiper Claudio Bravo membuat Brazil kesulitan. Tercatat, Bravo sukses melakukan penyelamatan terhadap tendangan-tendangan yang dilakukan Neymar dan Hulk dari dalam kotak penalti.


Pertarungan tensi tinggi ini kemudian berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah tidak ada tambahan gol tercipta.


Susunan Pemain


Brazil: Julio Cesar, Alves, Silva, Luiz, Fernandinho (Ramires 72), Marcelo, Oscar, Gustavo, Hulk, Fred (Jo 62), Neymar.


Chile: Bravo, Mena, Isla, Silva, Sanchez, Vidal (Pinilla 70), Vargas (Gutierrez 56), Medel, Jara, Aranguiz, Dias.@ridwan_LICOM/det


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment