Saturday, April 26, 2014

Pegawai Pelindo III bagi-bagi sisa hasil usaha koperasi Rp5,5 miliar

Pegawai Pelindo III bagi-bagi sisa hasil usaha koperasi Rp5,5 miliar




LENSAINDONESIA.COM: Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Kopelindo III menyetujui dibagikannya Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2013 sebesar Rp5,593 miliar. RAT Kopelindo III digelar di Gedung pertemuan Indrapura Surabaya.


Dalam laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kinerja pengelolaan Koperasi tahun buku 2013, secara umum mengalami peningkatan dan melampaui anggaran/target yang ditetapkan. Realisasi pendapatan tercatat Rp58,665 miliar atau malampaui target 140%, dan mengalami kemaikan 115% jika dibandingkan dengan pendapatan tahun buku sebelumnya.


Baca juga: Terminal Petikemas baru genjot Banjarmasin, beroperasi sempurna dan Pelindo III genjot kawasan Timur, operasikan bandara baru di NTT


Demikian dalam hal pencapaian Sisa Hasil Usaha (SHU) tercatat Rp5,593 miliar, meningkat 108% dibandingkan SHU tahun buku sebelumnya. Sedangkan total aset Kopelindo III per 31 Desember 2013 mencapai Rp19,228 miliar mengalami peningkatan sebesar 116% dibandingkan tahun 2012.


“Hasil audit atas laporan Keuangan Koperasi Pegawai Pelindo III Surabaya Koperasi Pegawai Pelindo III Surabaya Tahun Buku 2013 yang diaudit Kantor Akuntan Publik Krisnawan, Achsin dan Alamsyah nomor: GA.C/14.021004/KPPI-HK tanggal 21 April 2014 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, ujar Ketua I Pengurus Kopelindo III Agus Hermawan, beberapa waktu lalu.


Dengan berlakunya Undang-undang Perkoperasian No.17 Tahun 2012 tentang pembagian koperasi sesuai bidang usahanya, mengharuskan Kopelindo III menjadi salah satu bidang usaha saja, yaitu koperasi simpan pinjam.


“Namun, Kopelindo III saat ini beradaptasi terhadap regulasi undang-undang perkoperasian yang baru dengan membentuk anak usaha baru,” ujar Agus Hermawan.


Nama perusahaan baru itu, PT APERINDO PRIMA UTAMA yang bergerak dalam kegiatan usaha utama jasa pengamanan dan penyedia tenaga kerja, jasa kebersihan, jasa tour dan travel serta jasa pemborongan (general trading).


Direktur Personalia dan Umum PT Pelindo III (Persero) A Edy Hidayat N memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan capaian Kopelindo III Surabaya selama tahun buku 2013. Di antaranya, berhasil mengukir prestasi dalam hal pencapaian Laba Usaha Kopelindo III diatas anggaran tahun 2013, berperan aktif Kopelindo 3 dalam kegiatan CSR Pelindo III dalam mendukung penyediaan bantuan paket sembako;


“Kopelindo III juga konsistensi dalam penerapan program penghargaan anak berprestasi kepada anak anggota Kopelindo III dan pemberian bantuan pendidikan dan bea siswa diberikan kepada anak-anak (yatim/piatu) dari mantan anggota Kopelindo III (telah meninggal dunia), juga diberikan kepada anak-anak tenaga kerja khusus (seperti : petugas cleaning service, foto copy, driver/sopir)” jelas Edy.


Edy dalam sambutan pembukaan RAT Kopelindo III, mengatakan, keberhasilan koperasi diindikasikan dari terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan secara rutin. “Selain itu, indikator lainnya adalah peningkatan kualitas SDM dan layanan, seberapa besar modal sendiri berbanding dengan pinjaman, SHU yang terus meningkat, dan pengelolaan keuangan”, jelas Edy.


Dijelaskannya, pada tahun 2012 lalu, Kopelindo III yang beranggotakan 2.125 orang mengukir beberapa prestasi. Antara lain, memperoleh penghargaan peringkat pertama dalam bidang koperasi jasa tingkat Jawa Timur. Seperti diketahui, penghargaan tersebut dianugerahkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur dan penghargaan koperasi award dan peringkat pertama dalam bidang koperasi jasa tingkat Nasional yang dianugerahkan Menteri Koperasi dan UKM.


Sebagaimana sebelumnya, pendirian anak usaha PT Pelindo III yang bernama PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) dilakukan melalui akuisisi PT Persada Jasa Utama (anak perusahaan Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III (Kopelindo III) yang bergerak di bidang penyediaan jasa tenaga kerja dan jasa pemborongan serta penyediaan barang, dan jasa penunjang perusahaan, dengan modal disetor sebesar Rp 17,5 miliar dengan komposisi kepemilikan saham 90 % PT Pelindo III, dan sisanya sebesar 10% Kopelindo III. @dony


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment