Thursday, May 28, 2015

KRI Bung Tomo-357 luncurkan rudal Exocet di Laut Jawa

KRI Bung Tomo-357 luncurkan rudal Exocet di Laut Jawa

LENSAINDONESIA.COM: KRI Bung Tomo-357 yang merupakan kapal terbaru yang dimiliki TNI Angkatan Laut melaksanakan ujicoba sistem persenjataannya dengan meluncurkan Rudal Exocet MM-40 Blok II di Laut Jawa, Kamis (28/5/2015).

Kapal perang jenis MLRF(Multi Role Light Frigate) yang masuk dalam jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmatim tersebut saat ini dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan,S.T.

Baca juga: Pangarmatim luncurkan buku 'Bentangkan Layar Terjang Ombak dan Badai' dan Tiga prajurit Koarmatim terima kenaikan pangkat luar biasa

Uji coba sistem persenjataan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan yang dilakukan selama ini serta untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan operasional serta mengukur kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terbaru yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Penembakan rdal tersebut juga dalam rangka penyiapan KRI Bung Tomo-357 yang akan bergabung dengan Satgas MTFXXVIII-H/UNIFIL di Lebanon dalam waktu dekat ini.

Peluncuran Rudal Exocet MM-40 Blok II yang digelar di Perairan Laut Jawa disaksikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E yang didampingi Asreana Kasal Laksamana Muda TNIAgung Pramono, S.H., M.Hum, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Ary Henryncus Sembiring Meliala, Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Ir. Hari Pratomo, Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Agus Heryana, S.E serta beberapa pejabat teras Mabes TNI Angkatan Laut lainnya yang onboard di KRI Surabaya-591.

Selain itu, dari atas geladak KRI Surabaya-591, peluncuran exocet MM-40 Blok II oleh KRI BungTomo-357 juga disaksikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P, Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI I N.G. Ariawan, S.E serta para Kasatker Mako Koarmatim.

Kasal, dalam wawancara dengan awak media mengatakan bahwa Rudal Exocet MM-40 Blok II merupakan generasi kedua yang dimiliki TNI Angkatan Laut setelah Exocet MM-38. “Nantinya TNI Angkatan Laut akan memiliki Blok III sebagai generasi terbaru,” katanya.

Selain untuk menguji kehandalan rudalnya itu sendiri, uji coba rudal Exocet MM-40, dilakukan dalam rangka menguji sistem yang ada di KRI Bung Tomo-357, karena kapal tersebut merupakan kapal baru yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Menurut Kasal, uji coba tersebut penting dalam rangka menguji kesiapan tempur dari KRI BungTomo-357. Lebih lanjut Kasal mengatakan bahwa tahapan-tahapan kegiatan peluncuran rudal Exocet MM-40 Blok II oleh KRI Bung Tomo-357 telah dilaksanakan dengan baik dan rudal dapat meluncur sesuai dengan profilnya.

Penembakan Exocet MM-40 di Laut Jawa bukan satu-satunya uji coba yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut, karena dilakukan juga uji coba terhadap sistem persenjataan lain, seperti torpedo, meriam maupun rudal jenis lain, yang berguna dalam rangka menguji kesiapan kapal sebelum nantinya kapal tersebut digunakan sesuai proyeksi kekuatan dari Panglima TNI. @sita

Autentikasi

Kadispenarmatim

Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment