Thursday, May 28, 2015

Petugas kebersihan temukan tiga mortir di selokan di Tanjung Perak

Petugas kebersihan temukan tiga mortir di selokan di Tanjung Perak

LENSAINDONESIA.COM: Baru dua hari lalu ditemukan granat Nanas di Jl Kalimas Barat, kali ini Kamis (28/5/2015) sekitar Pukul 11.00 WIB, petugas kebersihan menemukan tiga buah mortir di Jl Teluk Kumai Tanjung Perak Surabaya.

Supandi (57) petugas kebersihan saat membersihkan selokan,menemukan tiga benda besi yang diduga Tabung sepanjang 30 cm, namun saat diamati dirinya kaget bahwa benda yang ditemukan tersebut adalah mortir yang diduga peninggalan zaman perang Belanda.

Baca juga: Pemulung temukan mortir M68 berdaya ledak tinggi dan Puluhan mortir aktif disimpan dalam gudang pabrik besi

“Tadinya saya berpikir dapat rezeki mendapatkan tiga buah besi diselokan, dan kami pikir tadinyab isa dijual, ternyata setelah dilihat bom,” ucapnya.

Dari penemuan tersebut,dirinya langsung melaporkan ke satpam setempat, yang kemudian ditindaklanjuti ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Polisi yang mendapat laporan tersebut langsung melakukan evakuasi agar warga tidak mendekat ke bahan peledak tersebut.

Kasie Propam Propam Polres Tanjung Perak Surabaya, Iptu Khusnul,yang datang ke lokasi mengatakan, meskipun mortir tersebut dapat diledakkan menggunakan pelontar, namun tetap berbahaya karena masih aktif.

“Mortir ini untuk meledakan harus menggunakan pelontar, namun meski demikian, kita tetap harus waspada mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” terang Khusnul.

“Dari penemuan bahan peledak ini,kami langsung melakukan koordinasi dengan Tim penjinak Bom (Jibom) Gegana Polda Jatim, untuk dilakukan evakuasi,” tambahnya.

Sementara Supandijuga merasa heran dengan penemuan tersebut, sebab selama ini dirinya sering membersihkan selokan secara rutin setiap tiga bulan sekali, namun baru kali ini bahan peledak tersebut ditemukan.@rofik

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment