Friday, May 29, 2015

UGM borong 11 medali di Olimpiade Nasional MIPA 2015

UGM borong 11 medali di Olimpiade Nasional MIPA 2015

LENSAINDONESIA.COM: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, berhasil memboyong 11 medali dalam Olimpiade Nasional MIPA 2015 yang digelar di Surabaya pada 24-28 Mei 2015 kemarin. Dalam kompetisi ini UGM memborong 2 medali emas, 3 perak, 6 perunggu. Selain itu juga mendapatkan 3 penghargaan Honorable Mention.

Medali emas diraih oleh Made Benny Prasetya dan Erwin Eko Wahyudi dari Fakultas MIPA di bidang matematika. Selanjutnya medali perak di raih oleh Andri Darmawan dari Fakultas MIPA di bidang fisika, Hafiz Aji Aziz Dari Fakultas MIPA di bidang kimia, dan Husni Muarif dari Fakultas Kedokteran di bidang biologi.

Baca juga: Gending "Zaman Kacau" Gamelan UGM raih juara Gebyar Wayang UI dan Raih gelar doktor, ibu dan anak ini wisuda bareng di UGM

Berikutnya medali perak diperoleh Garry Ariel daan Willy Sumarno dari Fakultas MIPA di bidang matematika, Kurniawan dan Eddy Kurniawan dari Fakultas MIPA di bidang fisika, serta M. Fernadi Lukman dari Fakultas MIPA di bidang kimia dan Ali Muharom dari Fakultas Biologi di bidang biologi.

Sementara honorable mention diraih Rizky Alfino Atmoko dan Riky Kurniawan di bidang matematika dan Asedio Satya Govinda di bidang fisika. Ketiganya merupakan mahasiswa Fakultas MIPA.

Ketua kontingen tim ON MIPA UGM, Erwin Eko Wahyudi menjelaskan bahwa dalam kompetisi kali ini UGM mengirimkan sebanyak 19 orang mahasiswa. Jumlah tersebut terdiri dari 7 orang di bidang matematika, 4 fisika, 2 kimia, dan 6 biologi. Sementara kompetisi diikuti sebanyak 256 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Masing masing bidang diikuti 64 peserta,” katanya, saat dihubungi via telepon Jum’at (29/5/2015).

Sebelum melaju ke tingkat nasional, para peserta terlebih dahaulu melewati tahapan seleksi di tingkat universitas dan kopertis. Selanjutnya di babak final peserta ddiharuskan untuk mengerjakan soal tipe esai yang diberikan oleh panitia.

“Di tingkat nasional ini tingkat kesulitan soalnya lebih tinggi. Kami harus bisa memberikan jawaban dengan analisis yang efektif dan jelas,”terang Erwin yang pernah mendapatkan medali perunggu di ON MIPA 2013 dan perak di ON MIPA 2014.

Erwin merasa bangga atas raihan prestasi yang diperoleh kontingen UGM dalam kompetisi ON MIPA 2015 ini. Keberhasilan memborong berbagai medali di berbagai bidang lomba kali ini menambah daftar panjang perolehan prestasiyang ditorehkan oleh  mahasiswa.

“Yang jelas senang dan bangga saat tahu bisa dapat medali,” ungkapnya.

Ditambahkannya, khusus untuk ON MIPA bidang matematika, nantinya dari 25 besar peserta yang lolos akan diseleksi kembali untuk dikirim dalam International Mathematic Competition (IMC) 2015 di Bulgaria. Menurut rencana seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Juni 2015 mendatang.

“Tujuh terbaik akan dikirim ke IMC Bulgaria. Mohon do’a dan dukungan agar kami bisa melaju ke tingkat internasional,”harapnya. @sita

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment