Sunday, May 31, 2015

Presiden Jokowi hadiri Grebeg Pancasila di Blitar

Presiden Jokowi hadiri Grebeg Pancasila di Blitar

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila dan Grebeg Pancasila di Alun-alun Blitar, Jawa Timur. Tampak pula Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Dalam acara peringatan tersebut, Megawati duduk di sebelah kiri Presiden Joko Widodo. Sedangkan di sebelah kiri Megawati, hadir pula mantan Wapres Boediono, Irman Gusman serta Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Salah satu agenda Jokowi adalah nyekar ke makam Presiden pertama Soekarno. “Besok Pak Jokowi ke Blitar, peringati Hari Pancasila,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, mengutip Metrotvnews.com.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tak apa sepakbola absen dari kompetisi internasional dan Jokowi minta kepala daerah alokasikan anggaran untuk operasi pasar

Presiden Jokowi dan Zulkifli Hasan juga akan meluncurkan gerakan ‘Ini Baru Indonesia’. Pada 2 Juni 2015, Jokowi dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Yogyakarta.

Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengucapkan selamat datang kepada seluruh undangan dalam peringatan kota Blitar. “Hari Kita gelorakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Ia mengatakan Bung Karno berperan sangat besar dalam menjawab masalah pokok terkait yang jajdi dasar negara Indonesia. “Bung Karno menjawab dengan tegas dan memberi jawaban atas dasar negara breupa lima asas yang disebut Pancasila,” katanya.

“Perkenankan kami sampaikan aspirasi agar tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Kelahiran Pancasila secara nasional. Karena Pancasila dan Bung Karno adalah milik seluruh bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, Megawati bersama Puan melakukan nyekar ke Makam Bung Karno. Selama kurang lebih 35 menit, Megawati yang datang dengan kemeja batik berwarna merah, terlihat meneteskan air mata ketika duduk di sisi kanan pusara Bung Karno.

Megawati didampingi putrinya Puan Maharani, Ketua DPD PDIP Jawa Barat TB Hasanuddin, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar serta tiga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi. @sita

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment