Sunday, August 31, 2014

Malu-malu, 67 wajah baru wakil rakyat Jatim jalani sumpah Minggu ini

Malu-malu, 67 wajah baru wakil rakyat Jatim jalani sumpah Minggu ini




LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 67 wajah baru dari 100 anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019 dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, Minggu (31/8/14).


Dari seluruh wakil rakyat itu, praktis wajah lama cuma 33 orang. Mereka yang tergolong wajah baru itu memasuki gedung wakil rakyat Jawa Timur, tentu tidak seenjoy politisi lama. Rupanya, tidak sedikit yang tidak bisa menyembunyikan sikap “malu-malu” alias tidak terbiasa dan canggung ketika memasuki gedung DPRD.


Baca juga: Soekarwo: Hartoyo ketua fraksi, yang keberatan saya diberi sanksi dan Cuma 26 anggota DPRD Jatim yang sudah kembalikan Mobdin dan Laptop


Pelantikan dipimpin Sumarno, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur berdasar Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri. Pantauan LICOM, acara dihadiri lengkap oleh seluruh Anggota DPRD Jatim terpilih.


Ikut datang dan menyaksikan, sejumlah mantan Anggota DPRD Jatim lama yang tak terpilih. Juga dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Dinas SKPD Pemprov Jatim, serta Kapolda Jatim.


Soekarwo, Gubernur Jatim meminta kepada seluruh anggota dewan yang baru agar ke depan menjalankan fungsi legislasinya dengan baik, juga menjaga komunikasi dengan pihak Pemprov Jatim.


“DPRD jangan membuat Perda (peraturan daerah) yang menambah permasalahan. Jangan hanya membuat saja, lalu public hearingnya lemah. Lalu soal anggaran perlu dipastikan apakah yang dilakukan gubernur cocok dengan visi-misinya atau tidak. Dan jangan malah membuat RAPBD tandingan,” katanya usai Rapat Paripurna Isntimewa Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Jatim Masa Jabatan 2014-2019 itu.


Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan kepemimpinan dari pemimpin lama kepada pemimpin sementara. Pihak Sekretariat DPRD Jatim menunjuk Abdul Halim Iskandar sebagai Ketua sementara DPRD Jatim dan Kusnadi sebagai Wakil Ketua sementara DPRD Jatim.


Acara pelantikan yang disiarkan secara langsung TVRI Surabaya ini, para pimpinan DPRD baru itu pun ketika didaulat menduduki meja pimpinan sidang DPRD terlihat senyum-senyum terkesan rada canggung dan malu-malu. @sarifa


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment