Sunday, August 31, 2014

Nielsen: Konsumen Indonesia soal keuangan paling optimistis di dunia

Nielsen: Konsumen Indonesia soal keuangan paling optimistis di dunia




LENSAINDONESIA.COM: Indeks kepercayaan diri konsumen Indonesia di kuartal kedua 2014 sedikit menurun dibandingkan kuartal sebelumnya. Tapi, Indonesia masih ada diurutan tiga teratas negara-negara dengan konsumen paling optimistis di dunia, yaitu India dan Filipina.


Demikian itu laporan terkini Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending yang dirilis Nielsen, perusahaan informasi dan riset global, pada Juli lalu.


Baca juga: HSC Serakan 29 Honda Mobilio Line-off pada konsumen perdananya dan Harga BBM naik tak surutkan belanja konsumen Indonesia


Riset Nielsen mengungkapkan, indeks kepercayaan diri konsumen Indonesia merupakan yang tertinggi kedua secara global di kuartal kedua 2014 dengan skor 123 (turun satu poin dibandingkan kuartal sebelumnya). India melesat naik menjadi negara dengan konsumen paling optimistis di dunia dengan skor 128 –meningkat 7 poin dari kuartal sebelumnya- dan Filipina berada dibawah Indonesia dengan skor 120.


Thailand menambah daftar negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam 10 besar negara dengan tingkat kepercayaan diri dengan skor 105. Rata-rata skor indeks kepercayaan diri konsumen di kuartal kedua adalah 97. (Lihat Grafik 1).


The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions yang dilaksanakan sejak 2005, mensurvei kepercayaan diri konsumen, kekhawatiran utama dan keinginan berbelanja pada lebih dari 30.000 responden dengan akses Internet di 60 negara. Indeks kepercayaan diri konsumen diatas dan dibawah angka standar 100 mengindikasikan tingkat optimisme dan pesimisme.


KONDISI KEUANGAN

Meski turun 1 poin dibandingkan dengan kuartal pertama 2014, konsumen Indonesia masih tercatat sebagai yang paling optimistis di dunia mengenai keadaan keuangan pribadi mereka dimana 85 persen menyatakan bahwa keadaan keuangan pribadi mereka untuk 12 bulan ke depan Baik atau Sangat Baik.


Optimisme konsumen Indonesia dalam hal pandangan mereka mengenai prospek pekerjaan lokal juga masih tinggi. Hampir 8 diantara 10 konsumen (76%) menyatakan bahwa prospek pekerjaan lokal dalam waktu satu tahun ke depan Baik atau Sangat Baik. Secara global, Indonesia berada pada urutan ketiga yang paling optimistis. (Lihat Grafik 2). @rls/rudi


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment