Saturday, August 30, 2014

Rafika paling muda di antara 4.943 wisudawan UI

Rafika paling muda di antara 4.943 wisudawan UI




LENSAINDONESIA.COM: Pejabat Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Muhammad Anis, M.Met memimpin Upacara Wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor serta Upacara Wisuda Program Sarjana (Paralel) dan Program Diploma/Vokasi semester genap tahun akademik 2013/2014, Sabtu (30/8/14), di Balairung UI Kampus Depok.


Total dari jenjang D3—S3 sebanyak 4943 wisudawan.


Baca juga: UI wisuda 2.944 lulusan sarjana, 192 raih cumlaude dan UI gelar wisuda ribuan sarjana, magister dan doktor


Upacara Wisuda pukul 09.00—11.00 dihadiri 3119 Wisudawan. Terdiri 392 wisudawan Program Profesi, 369 wisudawan Program Spesialis, 2204 wisudawan Program Magister dan 154 wisudawan Program Doktor.


Sebanyak 124 wisudawan Program Profesi mendapatkan predikat Cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,87 diraih Very Unggul Permatasari dari Fakultas Ilmu Keperawatam (FIK). Lulusan termuda Program Profesi adalah Rafika Fathni dengan IPK 3,61.


Rafika berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Farmasi pada usia 20 tahun 11 bulan. Selanjutnya, sebanyak 48 wisudawan Program Spesialis berhasil meraih predikat Cumlaude dengan IPK sempurna (IPK 4) diraih oleh enam wisudawan dari Fakultas Ilmu Keperawatan.


Keenam wisudawan tersebut yaitu Abdul Jalil, Reni Nuryani, Windy Natasya, Rita Dewi Sunarno, Jum Natosba, dan Aryanti Wardiyah.


Sementara itu, 466 wisudawan Program Magister meraih predikat Cumlaude dengan IPK 4.00 (IPK Sempurna) berhasil diraih sembilan wisudawan. Empat diantaranya berasal dari Fakultas Teknik, yaitu Davin Philo, Arry Rahmawan Destyanto, Marathur Butar Butar, dan Arya Chunata.


Dua wisudawan lainnya, berasal Fakultas Ekonomi, yaitu Rahardian Ludhira N dan Mutia Imro Atussoleha, serta tiga wisudawan dari Fakultas Ilmu Komputer, yaitu Bilih Priyogi, Robeth Rahmatullah, dan Remmy Augusta Menzata. Sementara itu, pada Program Doktor terdapat 14 wisudawan yang mendapatkan predikat Cumlaude dengan IPK tertinggi (IPK 4) diperoleh Wayan Nata Septiadi dari Fakultas Teknik.


Pada pukul 14.00—16.00, upacara wisuda dihadiri 1823 wisudawan. Terdiri 895 wisudawan program Vokasi/Diploma, 541 wisudawan Sarjana Kelas Paralel, dan 388 wisudawan Sarjana Ekstensi.


Sebanyak 190 wisudawan dari Program Vokasi mendapatkan predikat cumlaude, sementara dari Sarjana Kelas Paralel sebanyak 31 wisudawan.


Sebelumnya, upacara wisuda Jumat (29/8/14), jumlah total wisudawan sarjana dari program Reguler dan Kelas Internasional (KKI) adalah 2.944 wisudawan. Terdiri 2.777 wisudawan program Sarjana Reguler dan 167 wisudawan Sarjana Kelas Internasional.


Prof. Muhammad Anis memaparkan, prestasi yang diukir dosen dan mahasiswa UI baik pada kancah nasional maupun internasional tahun 2014. Prestasi tersebut antara lain terpilihnya Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, M.Kom, dosen dari Fakultas Ilmu Komputer yang dianugerahkan menjadi Duta Iptek oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI.


Prestasi lainnya, pada tahun ini Andhika Putra Sudarman, mahasiswa Fakultas Hukum UI juga berhasil unggul menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional.


Tak hanya itu, delegasi mahasiswa UI juga berhasil menjadi juara umum pada ajang internasional, simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) The European International Model United Nations (TEIMUN) 2014.


Lebih lanjut, ia berharap agar lulusan UI dapat mengamalkan ilmu dalam profesinya masing-masing secara bertanggung jawab, serta mengangkat nama baik UI dalam berkontribusi membangun peradaban yang lebih baik. @li


Authentikasi:

Dra. Farida Haryoko, M.Psi

(Kepala Kantor Komunikasi Informasi UI)


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment