Wednesday, October 29, 2014

Kasal resmikan museum armada dekat Mako Kopaska

Kasal resmikan museum armada dekat Mako Kopaska




LENSAINDONESIA.COM: Sebagai wujud memberi pengetahuan dan wawasan tentang sejarah TNI AL, Rabu (29/10/2014), Kepala Staf angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI dr Marsetio meresmikan Museum Armada (Fleet House) tepat bersebelahan di Markas komando (Mako) Kopaska Koarmatim Surabaya.


Museum yang pembangunannya dilakukan secara swadaya ini berisi berbagai macam koleksi benda bersejarah dan foto yang menceritakan tentang keberadaan Armada RI, serta perjuangan yang dimulai sejak zaman pra Kemerdekaan hingga foto terbaru tentang kekuatan TNI AL.


Baca juga: Kasal resmikan Taman Pendidikan Alquran Al Muhajirin dan Kasal Belanda serahkan medali “Prins Hendrik” kepada TNI AL


Pangkoarmatim Laksamana Muda Sri Mohamad Darojatim dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Fleet House sebagai penunjang visi dari Kasal yang menginginkan TNI AL berkelas dunia (World Class Navy) sehingga dengan adanya museum ini, masyarakat dapat memahami sejarah berdirinya Armada TNI AL di kawasan Timur.


Sementara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi ide Pangarmatim yang mendirikan Museum Armada (Fleet House). Menurutnya, dengan adanya museum Armada, akan ada tempat yang bisa dikunjungi para tamu berkunjung atau sewaktu ada kegiatan di Armatim.


“Fleet house ini diisi barang-barang sejarah berdirinya Armada TNI AL, serta kekuatan sebelum kemerdekaan, saat kemerdekaan, masa sekarang hingga rencana ke depannya. Ini adalah ide dari Pangkoarmatim dan jajaran. Tempat ini sangat berguna saat ada kunjungan tamu VVIP, pelajar, pemuda pencinta maritim dan elemen lainnya karena saat masuk akan langsung melihat sejarah kekuatan Armada,” terang Laksamana TNI Marsetio.


Menurut Kasal, proses pembuatan museum dan pengisian barang-barang bersejarah di dalamnya tidaklah mudah dan butuh waktu lama. “Kami juga berburu ke berbagai tempat hingga ke Belanda untuk mencari benda-benda yang terkait dengan sejarah berdirinya armada kita tercinta,” tambahnya.


Selain digunakan sebagai pengetahuan bagi prajurit TNI AL serta para tamu serta pecinta maritim, Museum Armada ini juga dibuka untuk umum. Kasal sangat mengharap bagi siapa saja untuk berkunjung guna memperkaya pengetahuan tentang Armada. “<udah-mudahan bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya. @rofik


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment