Saturday, October 25, 2014

Relawan Jokowi demo Istana, tolak Rini jadi menteri “revolusi mental”

Relawan Jokowi demo Istana, tolak Rini jadi menteri “revolusi mental”




LESANINDONSIA.COM: Sehari menjelang diumumkannya Kabinet “Revolusi Mental”-nya Presiden Jokowi, Minggu (26/10/14) mengundang reaksi dari elemen relawan yang selama kampanye Pilpres, gigih memperjuangkan jokowi. Relawan Trisakti Pro Jokowi menggelar demo di depan istana Negara, Sabtu (25/10/14).


Relawan yang selama kampanye Pilpres paling getol mengangkat isu Tragedi Trisakti saat Reformasi 1998 itu, mendesak Presiden Jokowi agar berani konsisten membersihkan calon-calon menterinya dari indikasi korupsi. Aksi demo dengan menggelar orasi ini, tidak sampai mengundang kegaduhan, meski para pendemo menggelar orasi dengan pengeras suara.


Baca juga: GMNI: Presiden jangan salah pilih Menteri Agraria, kasihan rakyat dan Presiden 'genggam' kementerian baru, DPR tarik ulur jawab surat Istana


Mereka menyatakan mendukung langkah Jokowi melibatkan KPK dan PPATK untuk menyeleksi rekam jejak calon-calon menteri yang akan mengisi kabinetnya. Tapi, para pendemo menolak keras apabila Presiden Jokowi mengangkat Ketua Tim Transisi Rini Soemarno, yang dianggapnya punya indikasi besar tidak bersih.


“Presiden Jokowi kalau tetap memilih Rini M Soemarno menduduki salah satu pos menteri, jelas akan mengecewakan rakyat. Karena ketua Tim Rumah Transisi itu memiliki rekam jejak tidak bersih,” teriak Humas Relawan Trisakti Pro Jokowi, M Saloka di tengah orasi.


Aksi demo ini memang lebih menyoroti mantan Menteri Perdagangan dan Perindustrian era Presiden kelima Megawati itu. Penolakan terhadap Rini bukan hanya diekspresikan dalam orasi dan yel-yel, namun juga diekspresikan dalam membawa poster-poster.


Pendeo menyebut-nyebut Rini Soemarno ketika menjabat menteri terlibat dalam beberapa kasus seperti meloloskan kasus BLBI dan penjualan pesawat Sukhoi.


“Jangan sampai Presiden Jokowi dalam melakukan revolusi mental dinondai orang-orang korup seperti Rini M Soemarno,” ujar Saloka.


Humas Relawan Trisakti itu juga menghimbau seluruh relawan yang memperjuangkan Jokowi menjadi presiden tidak membiarkan visi misi Jokowi mewujudkan revolusi mental dibelokkan kepentingan-kepentingan besr, pragmatis.


Pendemo itu juga mengingat kepada Presiden Jokowi agar tidak berkhianat kepada rakyat dengan tetap mengangkat Rini, yang juga mantan Presiden Direktur PT Astra Internasional.


“Jangan biarkan harapan rakyat disabotase. Jangan biarkan Presiden Jokowi dijauhkan dari rakyat Indonesia,” tegas dia.


Relawan Trisakti Pro Jokowi membagikan rilis sebagai berikut;


1. Menolak seluruh calon menteri yang bermasalah di muka hukum dan memiliki potensi untuk melakukan korupsi.

2. Mendukung Jokowi-JK tidak memilih menteri yang korup termasuk Rini Soemarno.

3. Mendukung Jokowi-JK konsisten dan komitmen kepada kehendak rakyat dalam mewujudkan revolusi mental dengan membentuk pemerintahan yang bersih.

4. Mendukung KPK untuk membersihkan kabinet Jokowi-JK dari anasir-anasir politik korup yang merusak dan menghancurkan negara.

5. Kepada relawan untuk bergotong royong mengawal pemerintahan Jokowi-JK.


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment