Thursday, November 27, 2014

Inilah hasil penelitian Lembaga Penelitian dan Antariksa Nasional

Inilah hasil penelitian Lembaga Penelitian dan Antariksa Nasional




LENSAINDONESIA: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar public open house bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengetahui hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan lembaga yang berdiri sejak tahun 1963 ini.


Ir.Jasyanto selaku kepala bagian hubungan masyarakat Lapan mengatakan kegiatan open house ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Lapan dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat rencana induk keantariksaan nasional.


Baca juga: Pertemuan para Menteri Lingkungan Hidup se-ASEAN soal pencemaran asap dan Madura berpotensi menjadi penghasil gula terbesar di tanah air


“Masyarakat dapat mengikuti tur edukasi ke laboratoriumuji pesawat terbang dan stasiun bumi, mengikuti workshop roket air dan uji cobasederhana mengenai sains antariksa,” ujar Jasyanto kepada Lensaindonesia.com diKantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Cisauk, Tangerang, Kamis (27/11/2014).


Berbagai hasil penelitian dan pengembangan Lapan dapat dilihat langsung masyarakat, seperti di bidang penerbangan dapat menyaksikan pesawat N219 untuk kebutuhan transportasi di pulau-pulau kecil nusantara. Dibidang teknologi satelit, masyarakat dapat menyaksikan satelit Lapan A-2 yang memiliki muatan automatic identification system (AIS) yang mampu mengindentikasikan ribuan kapal di perairan Indonesia, dan dapat menyaksikan satelit Sadewa (satelit early warning system) untuk kebutuhan informasi cuacaekstrem yang dapat bermanfaat bagi aktifitas di laut.


“Kami juga memiliki data satelit penginderaan jauh yangberguna untuk menentukan zona potensi pemanfaatan ikan sehingga mempermudah para nelayan Indonesia mencari ikan di laut, dan mempermudah aparat keamanan dalam pemantauan laut dan wilayah pesisir serta pengawasan pulau-pulau terluar,” jelas Jasyanto. @Rudi***


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment