Saturday, September 27, 2014

Dihapus twitter, muncul gunjingan baru #ShameOnYouSBY langsung heboh

Dihapus twitter, muncul gunjingan baru #ShameOnYouSBY langsung heboh




LENSAINDONESIA.COM: “Patah tumbuh hilang berganti berganti”, rupanya seperti adagium itulah publik di sosial media melampiaskan kekecewaannya terhadap Ketua Umum Demokrat SBY, terkait RUU Pilkada. Meski twitter menghapus hastag #ShameOnYouSBY dari Trending Topic Word (TTW), ternyata muncul baru hastag #ShamedByYou.


Hastag terbaru, kali ini, menggunakan huruf kapital SBY di antara kata ShamedByYou. Rupanya, publik netizen belum juga reda kekecewaannya terhadap sikap walkout para wakil rakyat kader Partai Demokrat yang dianggap kalahnya voting kubu penolak RUU Pilkada.


Baca juga: LBH Jakarta geram 'sinetron picisan' Pilkada via DPRD, ini 5 alasannya dan Wow! Hastag#ShameOnYouSBY tandingi kata Jokowi tembus 250ribu Tweets


Malahan, netizen seperti tak mempan meski SBY sudah mengumumkan terjadi salah komunikasi antara dirinya di Amerika dan kader Demokrat di Senayan sehingga terjadi walk out. Tidak cuma itu, SBY pun sudah menyatakan kekecewaannya RUU (Rancangan Undang Undang) Pilkada ditetapkan DPR jadi Undang Undang. Kekecewaan SBY dibuktikan dengan mengusut “biang kerok” walk out.


Tidak ada keterangan resmi kenapa twitter menghapus hastag pertama yang membully orang nomer satu Demokrat itu. Walau begitu, munculnya perlawanan hastag terbaru itu, nyatanya kata ShamedByYou melesat berjaya lagi menjadi TTW.


“Meskipun baru populer pada Sabtu malam, namun hastag #ShamedByYou sudah menjadi trending topik dunia pada Minggu dini hari,” jelas peneliti sosial media dari Vcomm Arif Hidayat dalam keterangannya kepada LICOM, Minggu (28/9/14).


Disebutkan Arif, hingga Minggu pagi (28/9/14) pukul 06.40 WIB, hastag #ShamedByYou sudah dikicau 40,025 kali, dan dari menit ke menit terus bertambah. Sementara hastag #ShameOnYouSBY meskipun twitter tidak menampilkan sebagai TTW, tapi kicauannya hingga Minggu (28/9) pukul 06.40 wib sudah mencapai 336,530 kicauan.


Hastag #ShamedByYou versi baru ini, kali pertama, dikicau akun denai @abdillamalig dengan kicauan “Soeharto Berwajah Yudhoyono. #ShamedByYou @SBYudhoyono” pada Sabtu (27/9) pukul 10:37 AM.


Penelisikan Arif, Hastag itu baru populer pada pukul 22.28 WIB. Setelah akun Rudi Valinka #BEJO @kurawa berkicau dengan isi “lo bisa buat dgn kode baru seperti #ShamedByYou coba perhatikan huruf kapitalnya menunjukkan nama si boss kan?.. gak bisa di-banned ini.


“Kicuan akun @kurawa ini langsung di re-tweet lebih dari 229 kali oleh tweeps lainnya,” jelas Arif.


Menurut Arif jumlah kicauan dengan hastag #ShamedByYou diprediksi akan terus bertambah, bahkan dapat melebih jumlah kicauan hastag #ShameOnYouSBY.


“Minggu pagi ini, dalam sejam kicauan hastag #ShamedByYou bisa mencapai 4500 lebih,” pungkas Arif. @licom-09


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript