Monday, March 30, 2015

Fonterra, koperasi peternak Australia bangun pabrik Rp372 M, Cikarang

Fonterra, koperasi peternak Australia bangun pabrik Rp372 M, Cikarang




LENSAINDONESIA.COM: Fonterra Brands Indonesia hari ini mengumumkan pembangunan pabriknya senilai Rp357 milyar di Cikarang, Jawa Barat memasuki tahap akhir. Fasilitas manufaktur ini merupakan investasi yang pertama dan terbesar di ASEAN bagi Fonterra selama dekade terakhir ini.


Fontera merupakan perusahaan terkemuka dunia bidang nutrisi, sekaligus pemasok bahan baku berbasis susu bagi banyak perusahaan dunia berbasis industri makanan. Perusahaan ini berbasis koperasi yang dimiliki para peternak di Selandia Baru.


Baca juga: Disnak Jatim klaim tuntaskan wabah Antrax di Blitar dan BI dan Pemkab Tuban seriusi pengembangan klaster sapi


Pembangunan pabrik tengah tahap akhir untuk pengujian dan persetujuan dari pemerintah dan akan segera beroperasi pada pertengahan 2015.


Paul Richards, Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia menyampaikan bahwa hal ini menandakan tonggak penting bagi perusahaan untuk terus mengembangkan bisnis konsumen di Indonesia.


“Indonesia merupakan bagian penting dari strategi global Fonterra dan investasi ini memperkuat kehadiran kami di pasar ini,” katanya.


“Selain meningkatkan kapasitas produksi kami secara signifikan, pabrik baru ini juga akan menciptakan 160 lapangan pekerjaan purna waktu baru di Cikarang dan di seluruh wilayah Bekasi,” tambah Richards.


Pembangunan pabrik tersebut telah menerima nilai A dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperoleh sertifikasi Sistem Jaminan Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan kosmetik Majlis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) serta dipersiapkan untuk memproduksi produk komersial di pertengahan 2015.


M. Ali Nasution, Manajer Operasional, mengatakan bahwa pembangunan pabrik di area seluas 6000m2 telah selesai dalam kurun waktu 11 bulan. Dengan sisa beberapa pekerjaan kecil, tercatat pembangunan tersebut menghasilkan 870.000 jam kerja yang bebas dari kecelakaan.


“Jaminan atas kemanan pangan merupakan elemen penting bagi proses perencanaan dan operasional di setiap fase pembangunan pabrik. Fasilitas pabrik ini dilengkapi dengan tiga mesin pengolahan serta sistem batching dan blending bubuk susu yang mutakhir untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang kian berkembang.”


Nasution menambahkan, “Seluruh area pabrik dirancang dan dibangun oleh Fonterra, bekerjasama dengan Teamworx sebagai konsultan pembangunan dan Leighton Contractors Indonesia sebagai kontraktor.


Fonterra Co-operative Group Confidential to Fonterra Co-operative Group Page 2 “Yang juga merupakan bagian penting dari proyek ini adalah bawah Leighton Contractors Indonesia telah mempekerjakan lebih dari 500 tenaga kontrak harian untuk menyelesaikan pembangunan pabrik. Hal ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memastikan bahwa investasikami memberikan manfaat bagi ekonomi Indonesia.”


Richards mengatakan, “Pembangunan pabrik telah berlangsung dengan sangat baik dan kami sangat antusias untuk memasuki tahap berikutnya dimana pabrik tersebut dapat mulai beroperasi.” @licom_09


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment