Tuesday, March 31, 2015

WNI yang berangkat ke Turki gunakan modus ingin umrah

WNI yang berangkat ke Turki gunakan modus ingin umrah




LENSAINDONESIA.COM: Dari 12 WNI yang tertangkap di Turki saat akan menyeberang ke

Syria, delapan di antaranya membuat paspor di Imigrasi Tanjung Perak. Adapun alasan pembuatan paspor adalah melakukan umrah ke Arab Saudi.


Delapan orang itu masih satu keluarga yang terdiri seorang ibu dan tujuh anaknya, yaitu Ririn Andriani Sawir (38) warga asal Lamongan Jatim istri dari Achsanul Huda, Agha Rustam Rohmatullah (23), Qorin Munadiyatul Haq (20), Alya Nur Islami (13), Ikrimah Waliyurrohman Ahsanul (8), Jauza Firdausi Nuzula (6), Nayla Syahidah Achsanul Huda (4) dan Abdurrahman Umarov Huda (10 bulan).


Baca juga: 12 WNI dari Turki bakal dibina BNPT di Dinas Sosial dan WNI yang bergabung ke ISIS akan jalani pemeriksaan intensif di Polri


Pembuatan paspor dilakukan pada awal Desember 2014. Sementara, suami dari Ririn yaitu Achsanul Huda terindikasi telah bergabung dengan kelompok militan ISIS.


Kepala Dirjen Imigrasi Tanjung Perak Elfinur mengatakan, pihaknya baru mengetahui

bahwa 8 orang WNI dari 12 orang itu, dari pemberitaan media massa. Semuanya telah diamankan oleh otoritas setempat dan dideportasi ke Indonesia.

“Setelah kami mengetahui pemberitaan tersebut, kami langsung melakukan pengecekan, delapan orang tersebut membuat pasport di Imigrasi Tanjung perak, dimana dalam permohonanya akan melaksanakan Ibadah Umroh,” terang Elfinur, Selasa (31/3/2015).


“Mereka membuat pasport pada awal Desember 2014. Namun dengan tertangkapnya mereka di perbatasan Turki-Syria, hal tersebut diluar pengawasan kami. Kami hanya bisa membuat apa yang mereka mohonkan karena hak semua warga Negara,” tambahnya.


Saat disinggung dengan apakah adanya pencabutan paspor terhadap mereka, Elfinur masih belum memberikan memberikan kepastian dan masih menunggu dari pihak Dirjen Imigrasi Pusat. “Apakah nanti akan diberlakukan pencabutan paspor, kami masih menunggu dari Pusat,” pungkasnya.


Sementara saat ini 12 WIN yang tertangkap di perbatasan Turki-Syria, saat ini masih

berada di Dinas Sosial Cipayung Jakarta Timur.@rofik


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment