Thursday, August 21, 2014

BPN Kota Batu jamin layanan sertifikat sehari jadi

BPN Kota Batu jamin layanan sertifikat sehari jadi




LENSAINDONESIA.COM: Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu memberikan jaminan soal program layanan prima. Sebab, BPN berjanji bahwa layanan yang diberikan kepada masyarakat untuk pengurusan ‘Roya’ (pencoretan) sertifikat dan peningkatan status tanah dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik cukup sehari langsung jadi.


Humas BPN Kota Batu, Winoto SH, MM mengatakan, layanan prima sehari jadi itu untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus keadministrasian tanahnya.


Baca juga: Astaga! Bangun jalan 400 meter dianggarkan Rp 1,7 miliar dan Tarian 1000 siswa SD warnai perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kota Batu


“Layanan sehari jadi ini memang merupakan program unggulan BPN Kota Batu. Itu kami berikan agar masyarakat tidak memakai jasa calo lagi. Sebab, kalau memakai jasa calon biayanya akan meningkat bahkan membengkak di luar ketentuan yang ada,” katanya kepada lensaindonesia.com, Kamis (21/08/2014).


Dijelaskan Winoto, selama ini citra BPN sering tercemar karena ulah para calo itu. Alasannya, karena dengan menggunakan jasa calo, praktis pengurusan administrasinya juga bakal memakan waktu yang lama.


Itu mengingat, ada beberapa berkas dari pengurusan keadministrasian tanah itu yang harus ditandatangani pemilik tanah. Makanya, tandas dia, masyarakat dihimbau agar mengurus sendiri keadministrasian tanah-tanahnya di kantor BPN Kota Batu.


Menurut dia, jika berkas-berkas persyaratan yang diajukan ke BPN lengkap, dijamin pengurusannya tidak akan lama. Apalagi, BPN sudah menerapkan program layanan sehari jadi. “Jika yang mengurus itu pemiliknya langsung, BPN bisa mengarahkan pemilik untuk memperbaiki atau melengkapi secara langsung berkas-berkas yang kurang,” jelasnya.


Namun, lanjut dia, jika menggunakan jasa calo maka BPN tidak bisa mengarahkan untuk melakukan perbaikan secara langsung. Dengan begitu, kata dia, pengurusannya bisa lebih dari sehari.


Karena itu dia menyarankan agar masyarakat menghindari jasa layanan dari calo. Sehingga, pengurusannya cepat, tidak berbelit-belit, biayanya pun tidak membengkak. “Dengan begitu kita di BPN bisa memberikan layanan maksimal, tidak menjadi sorotan terus,” tandasnya.@wito_aji_dr


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment