Wednesday, February 25, 2015

Ribuan nelayan berdemo di Istana tolak kebijakan Menteri Susi

Ribuan nelayan berdemo di Istana tolak kebijakan Menteri Susi




LENSANDONESIA.COM: Sekitar 5000 nelayan yang tergabung dalam Front Nelayan Bersatu melakukan aksi unjuk rasa menolak kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.


Salih, salah satu nelayan dari Indramayu memprotes peraturan Susi yang melarang penggunaan alat cantrang. Ia mengatakan hal tersebut sudah menjadi tradisi di nelayan tradisional. “Kalau mau dilarang, harus ada pengganti alat lain. Jangan asal melarang. Tapi bu Susi harus tahu kalau cantrang berbeda dengan trawl,” katanya di Jakarta, Kamis (26/2/2015).


Baca juga: Sempat diabaikan Jokowi, Esemka jadi mobil angkutan pertanian dan Nelayan Jatim tuntut Jokowi copot Menteri Susi


Sugiyanto, nelayan asal Batang, juga mengeluhkan pelarangan ini menyebabkan turunnya produksi ikan. “Cantrang itu tidak merusak terumbu karang, dia mengapung. Bukan seperti trawl yang mendasar. Kalau jaring cantrang disebut merusak karang, malah sebaliknya karang itu merusak jaring dan kita tidak mendapat ikan,” imbuhnya.


Ia meminta agar Menteri Susi harus melakukan klarifikasi sebelum membuat peraturan. Sugiyanto mengatakan Susi tidak mengerti perbedaan antara trawl dengan cantrang. “Bu susi tidak tahu dengan sendirinya, dia hanya membaca dan mendapat informasi dari orang-orang tak bertanggung jawab. Yang iri pada kita,” katanya.


Salih mengungkap ada enam tuntutan yang disampaikan nelayan pada Presiden Joko Widodo. Yagn pertama adalah pencabutan Permen no 1/2015, Permen 2 Nomor 2015 dan ketiga juga meminta Presiden mencabut Permen 18/2015. “Tuntutan keempat adalah meminta agar stop kriminalisasi nelayan kecil,” ujarnya.


Tuntutan keempat adalah mencabut pelarangan nelayan berlayar lebih dari 4 mil dan terakhir pemberian subisidi nelayan dibeirkan lagi.


Para nelayan mengancam akan “ngendon” di Istana hingga ada keputusan Presiden Jokowi. Jika tuntutan ini tak dipenuhi, nelayan meminta agar Presiden menurunkan Menteri Susi Pudjiastuti.


Saat ini, perwakilan nelayan tengah bernegoisasi dengan pihak istana agar ada dialog dengan presiden. Sebelumnya, nelayan berdemo ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk bertemu dengan Susi Pudjiastuti. Namun, niat ini kandas karena Susi enggan tak muncul menemui massa. @yuanto


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment