Wednesday, February 25, 2015

Sempat diabaikan Jokowi, Esemka jadi mobil angkutan pertanian

Sempat diabaikan Jokowi, Esemka jadi mobil angkutan pertanian




LENSAINDONESIA.COM: Mobil karya anak SMK yang pernah menggemparkan Indonesia, Esemka, akhirnya dilirik kembali oleh Presiden Joko Widodo. Rencananya, mobil tersebut akan dimanfaatkan sebagai angkutan pertanian dan pedesaan.


Hal tersebut diungkap oleh Menteri Perindustrian (Menperin)Saleh Husin usai rapat terbatas dengan presiden, Rabu malam. Menurutnya, mobil Esemka kemungkinan besar akan diarahkan sebagai mobil angkutan pertanian dan pedesaan.


Baca juga: Nelayan Jatim tuntut Jokowi copot Menteri Susi dan Jokowi: Stok beras kita ada 1,4 juta ton


“Kami membicarakan masalah angkutan pertanian, pedesaan, itu yang kita siapkan dan akan kita produksi sendiri. Salah satu yang sangat siap ya Esemka. Targetnya secepatnya,” katanya.


Saat ini, yang paling siap adalah memproduksi kembali mobil Esemka yang merupakan karya anak bangsa. “Esemka itu kalau bisa memproduksi sendiri kan sangat bagus untuk putra-putri Indonesia sendiri,” katanya.


Namun ia belum memastikan kapan hal itu terealisasi. Untuk langkah ke depan, akan dilakukan kajian teknis dan detail pelaksanaan untuk membuat road map bagi angkutan perkebunan, pertambangan, dan pedesaan yang diharapkan bisa dipasok dari dalam negeri sendiri.


“Tadi Dirut Esemka sudah mengatakan mereka sanggup, mereka bisa,” katanya.


Presiden Joko Widodo sendiri sempat jadi “brand ambassador” mobil Esemka ini dan sempat menyatakan layak jadi mobil nasional. Kemunculan Jokowi mendukung Esemka seolah jadi “vote getter” Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, usai terpilih jadi gubernur Jokowi dituduh melupakan dan sengaja mendompleng nama Esemka untuk kepentingan kampanyenya. @sita/ant


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment