Wednesday, January 28, 2015

Organda minta pemerintah kucurkan PSO angutan darat

Organda minta pemerintah kucurkan PSO angutan darat




LENSAINDONESIA.COM: Dewan Pengurus Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda) mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memberi Public Service Obligation (PSO) atau subsidi bagi angkutan darat.


Ketua Umum DPP Organda, Eka Sari Lorena Soerbakti mengaku sedang mengusulkan agar angkutan darat di Indonesia bisa mendapatkan subsidi.


Baca juga: Penumpang kereta api melonjak 30 persen dan Jelang Natal dan Tahun Baru, 1200 tiket ludes sehari


Menurut dia, dalam peraturan perundang-undangan dijelaskan bahwa setiap angkutan ekonomi mendapatkan PSO sehingga pihaknya merasa perlu memperoleh subsidi tersebut.


“Tidak adanya subsidi bagi angkutan darat seperti selama ini membuat pengusaha mau tak mau juga harus menyesuaikan tarif angkutan darat. Karenanya kita sedang usul ke pusat agar mendapat subsidi,” ujarnya saat ditemui di Musda Organda Jatim di Surabaya, Rabu (28/01/2015).


Selain itu, tingginya harga spare part kendaraan yang naik sekitar 10-30 persen dalam setahun ini dinilai cukup membebani. “Seharusnya PSO tidak hanya untuk kereta api, tapi juga angkutan darat yang melayani perjalanan hingga 558 ribu kilometer.


Dimana jarak yang ditempuh lebih jauh dibandingkan kereta api yang tidak lebih dari 5.000 kilometer,” tegasnya.


Tidak itu saja, lanjut Eka Sari, penumpang angkutan darat merupakan angkutan rakyat Indonesia, maka seharusnya pemerintah turut memberi solusi berupa subsidi ke transportasi darat. Meskipun saat ini pemerintah mencanangkan kemajuan pelabuhan-pelabuhan dan jalur rel ganda untuk kereta api.


Namun diyakini masyarakat masih membutuhkan angkutan darat untuk transportasi.


“Transportasi yang paling bisa mendekati sampai ke lokasi adalah angkutan darat dan jumlah penumpangnya yang sangat banyak,” pungkasnya.


Berdasarkan catatan DPP Organda, jumlah armada bus antarkota dalam provinsi dan antarkota antarprovinsi di Indonesia jumlahnya mencapai 400 ribu armada dengan 1,5 juta penumpang per bulannya.


Ditambahkan, Ketua DPD Organda Jatim, Mustofa mengaku sangat mendukung usulan terhadap adanya subsidi bagi angkutan darat karena dinilai membantu meringankan beban masyarakat maupun pengusaha.


“Kami sangat berharap DPP Organda terus mendesak pemerintah agar subsidi berlaku di kelas angkutan darat,” tukas Mustofa.@sarifa


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment