Monday, January 26, 2015

Panda tidak bisa mengenali diri mereka sendiri

Panda tidak bisa mengenali diri mereka sendiri




LENSAINDONESIA.COM: Kita semua tahu bahwa panda sangat berbahaya. Dan ketika salah satunya hamil, maka akan jadi berita utama di media massa. Tapi ternyata panda tidak bisa mengenali dirinya sendiri.


Hewan lucu ini gagal dalam tes untuk mengetahui apakah mereka mengenali dirinya sendiri.


Baca juga: Perempuan Korea ramai-ramai tanam rambut kemaluan dan Belut sepanjang 125 cm hidup dan berenang dalam perut manusia


Psikolog menggunakan cermin untuk mengetahui sejauh mana anak-anak atau hewan memiliki kepekaan tentang dirinya.


Dalam tes itu, para hewan disandingkan dengan cermin. Peneliti lantas membuat sejumlah tanda di wajah atau tubuh hewan itu yang hanya bisa terlihat di cermin.


Jika mereka sadar, hewan-hewan ini akan menyentuh atau bergerak untuk melihat lebih jelas.


Anak-anak biasanya melewati tes ini setelah mereka berusia dua tahun.


Banyak hewan juga lolos di tes ini, termasuk simpanse, lumba-lumba, dan juga burung merpati.


Tapi ketika tes serupa dilakukan pada 34 panda raksasa, tidak ada yang lolos. Tidak ada satupun dari mereka menyentuh tanda yang diletakkan di kepala.


Alih-alih, panda-panda ini bereaksi dengan menganggap refleksi mereka di cermin sebagai panda yang berbeda. Mereka menunjukkan sikap menyerang, dan terancam oleh cerminan diri mereka sendiri, mencakar kaki dan kemudian berjalan mundur.


Penelitian yang diterbitkan di jurnal Animal Cognition menyebut kemampuan mengenali diri sendiri dimiliki hewan soliter, kata peneliti Dingzhen Liu dari Beijing Normal University China.


Hasil dari penelitian ini akan membantu untuk mendesain kandang jadi lebih baik. “Contohnya, satu gelas yang digunakan dalam kandang mungkin bisa menyebabkan panda stres, ketika melihat refleksi dirinya sendiri,” kata Liu.@sita


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment