Tuesday, April 28, 2015

Mary Jane jalani tes kesehatan di Lapas Wirogunan Yogyakarta

Mary Jane jalani tes kesehatan di Lapas Wirogunan Yogyakarta

LENSAINDONESIA.COM: Terpidana mati asal Filipina yang ditunda dieksekusi, Mary Jane Fiesta Veloso sudah tiba di Lapas Wirogunan, Yogyakarta, Rabu (29/4/2015) pagi.

Datang sekitar pukul 08.00 WIB, ibu dua anak ini langsung mengisi registrasi data setelah sebelumnya status Mary Jane sudah dipindahkan ke LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga: Kata Mensesneg, Presiden dukung Mary Jane mendapatkan keadilan dan Hubungan diplomatik Indonesia memburuk pasca eksekusi mati

Kepala Lapas Wirogunan Zaenal Arifin mengatakan Mary Jane langsung menjalani cek kesehatan. Hasilnya, Mary Jane dinyatakan sehat. “Sudah kita periksa kesehatannya, sehat, baik-baik saja. Ya pasti dicek, seperti awal,” kata dia.

Namun, Jaksa Agung, HM Prasetyo menegaskan, status Mary Jane Fiesta Veloso tetap sebagai terpidana mati yang sewaktu-waktu bisa dieksekusi.

“Statusnya (Mary Jane) tetap terpidana mati, hanya saja kita akan menunggu proses penyelidikan yang akan berjalan,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo di Dermaga Wijayapura Cilacap, Jawa Tengah, Rabu 29 April 2015.

Penundaan ini menyusul surat resmi dari Pemerintah Filipina yang memiliki bukti dan fakta baru bahwa Mary Jane adalah korban perdagangan narkoba. Apalagi, perekrut Mary Jane, Maria Kristina Sergio, sudah menyerahkan diri bersama pasangannya kepada aparat berwenang. Kristina menyerahkan diri ke Kantor Polisi Cabanatuan City.

“Atas dasar itulah akhirnya Presiden (Joko Widodo) merespons. Selanjutnya, Filipina diminta mengungkap kejahatan perdagangan manusia. Kita menghormati,” kata dia.

Namun, Prasetyo menegaskan tidak akan membiarkan Mary Jane memberikan keterangan ke Filipina.

“Kami tidak bisa mendekte berapa lama, jika butuh keterangan Mary Jane, kita tidak serahkan yang bersangkutan ke mereka (Filipina). Mereka yang harus ke sini. Harus tetap di Indonesia,” kata dia. @sita/bbs

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment