Wednesday, April 29, 2015

Perekaman e-KTP di Surabaya amburadul

Perekaman e-KTP di Surabaya amburadul

LENSAINDONESIA.COM: Perekaman e-KTP yang dilakukan Dispendukcapil Kota Surabaya ternyata belum sepenuhnya lancar. Sampai saat ini, jumlah warga Surabaya yang sudah menerima e-KTP, jumlahnya mencapai 1,6 juta.

Kadispendukcapil Suharto Wardoyo mengatakan, sampai saat ini pihaknya bahkan belum memiliki data warga Surabaya yang sudah menerimanya. Hal ini dikarenakan data penerima e-KTP yang mencetak tidak hanya dari pemkot Surabaya, melainkan juga dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Rusak, Dispendukcapil Garut siapkan mobil perekaman e-KTP dan Warga Garut Selatan keluhkan alat perekam e-KTP yang rusak

“Kita sudah minta datanya, dan ternyata warga Surabaya yang sudah menerima e-KTP sudah banyak. Dari 1,7 juta wajib KTP yang sudah menerima e-KTP sebanyak 1.680.113 orang,” tuturnya.

Lebih detail, Suharto menjelaskan total warga Surabaya yang sudah rekam e-KTP adalah 1.757.031 atau ada selisih 53.561 antara warga yang sudah mengikuti perekaman dengan yang belum menerima e-KTP. “Itu adalah jumlah warga yang sudah rekam tapi belum mencetak,” terangnya.

Terkait data 53.561 warga yang belum terima e-KTP tersebut, pihaknya menargetkan akan rampung dicetak bulan Juni mendatang. Sebab Dispendukcapil masih memiliki blanko pencetak e-KTP sekitar 80 ribu dari pemerintah pusat.

Sedangkan untuk sekitar 400 ribu warga Surabaya yang belum rekam e-KTP dikatakan Suharto waktunya tidak mencukupi. Dispendukcapil menargetkan semua sudah bisa rekam di bulan Desember 2015.

“Karena kita juga sudah berulang kali sosialisasi, tapi kok juga belum ada peningkatan. Tapi kita upoayakan Desember sudah semua,” pungkasnya.@wan

alexa ComScore Quantcast
counter customisable
Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment