Tuesday, February 25, 2014

Beberapa pekerjaan dengan tingkat stress tertinggi tahun 2014

Beberapa pekerjaan dengan tingkat stress tertinggi tahun 2014




LENSAINDONESIA.COM: Tergantung pada beberapa faktor seperti kondisi lingkungan, suhu politik dan keuangan negara, ada beberapa pekerjaan dan profesi yang diprediksi sebagai pekerjaan dengan resiko stress tertinggi tahun ini.


Berbanding lurus dengan resikonya, mungkinkah profesi dan pekerjaan ini juga menjanjikan peluang dan penghasilan besar? Berikut daftar pekerjaan yang rentan ‘terserang’ stress :


Baca juga: Nah, bercinta terbukti dapat meningkatkan intelegensi! dan Alasan kenapa Twilight tidak layak ditonton


Militer


Sejumlah prajurit TNI berbaris sambil memegang senjata, saat mengikuti defile pasukan pada peringatan HUT ke-63 TNI, di lapangan Kodam IV/Diponegoro, di Semarang, Kamis (9/10).


Seorang militer harus memegang teguh nilai dan etika keprajuritan serta mengamalkannya dengan sungguh-sungguh sepanjang kehidupannya sebagai militer. Hal ini, karena militer merupakan barisan di garda depan yang bertugas menjaga stabilitasa dan keamanan negara. Seorang militer juga harus bisa mengesampingkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan umum. Hidup terpisah dari keluarga, istri dan anak sudah menjadi hal yang biasa. Mungkin inilah yang menyebabkan militer menjadi pilihan pekerjaan yang mengandung resiko stress tertinggi.


Pemadam kebakaran


antarafoto-1330580127-


Seiring pertumbuhan ekonomi dan perkembangan jaman, potensi terjadinya kecelakaan karena human error juga semakin meningkat. Kebakaran akibat korsleting listrik hingga ledakan tabung gas sudah bukan merupakan hal baru dewasa ini. Menjadi petugas pemadam kebakaran bukan tanpa resiko. Keselamatan jiwa yang selalu terancam dan caci maki masyarakat jika dinilai terlambat datang ke lokasi kebakaran, adalah hal yang menyebabkan pemadam kebakaran menjadi pekerjaan yang juga rentan merasakan stress.


Pilot maskapai penerbangan


kokpit


Nyaris serupa dengan pemadam kebakaran, kecelakaan juga kerap melanda kisah maskapai penerbangan dalam negeri. Sehingga, menjadi seorang pilot bukanlah pilihan pekerjaan mudah. Membawa jumlah penumpang yang tidak sedikit, seorang pilot jelas menanggung beban moral di pundaknya untuk dapat mengantar mereka dalam keadaan selamat. Belum lagi, walaupun jam terbang pilot tinggi dan track record mereka baik, maskapai yang tidak mendapat kepercayaan masyarakat bisa kehilangan lisensi penerbangannya.


Koordinator acara


???????????????????


Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan kepanitiaan dan acara, memberi keputusan final yang bersifat mutlak ketika berhadapan dengan masalah, menjadi sosok inspirator dan motivator bagi anggota hingga mengamati kelancaran atau hal-hal yang tidak biasa dalam proses pekerjaan merupakan tugas seorang koordinator acara (project leader). Kesuksesan sebuah event atau acara menjadi tolak ukur keberhasilan dan kegagalan seseorang menjadi project leader. Bukan hal yang mudah bukan?


Public relations (humas)


195909_pria-pekerja-kantor_663_382


Meningkatnya perusahaan–perusahaan yang berorientasi pemasaran membuat pekerjaan sebagai Public Relations banyak dibutuhkan. Meski demikian, PR harus bertanggungjawab jika terjadi penurunan pendapatan perusahaan. Karena menjadi seorang PR membutuhkan sudut pandang luas yang didesain untuk mempromosikan perusahaan beserta produk dan jasanya. Kreatifitas, kemampuan lobi dan menjalin komunikasi yang baik dibutuhkan oleh orang yang memilih pekerjaan ini.


Jurnalis


wartawan-sedang-meliput-


Beberapa faktor menjadi resiko orang-orang yang memutuskan menjadi jurnalis, khususnya di lapangan. Keselamatan adalah yang paling tinggi resikonya. Jurnalis juga harus selalu jeli mencermati masalah agar tidak menjerumuskan banyak orang karena membuat opini yang salah. Belum lagi, kreatifitas dan kemampuan berbahasa yang baik harus mereka miliki. Jurnalis yang tidak cerdas tidak akan menghasilkan karya yang berkualitas. Lalu bagaimana mereka bisa menjalankan fungsi pengawasan terhadap 3 pilar demokrasi lainnya?


Polisi dan penegak hukum


1foto-brimob-131115a


Tidak hanya personil kepolisian, melainkan semua instansi penegak hukum menjadi tiang kedaulatan negara. Jika tiang-tiang tersebut runtuh, maka hancurlah negara itu. Di Indonesia, penegakan supremasi hukum menjadi salah satu masalah terbesar yang dihadapi. Sepertinya dibutuhkan kerjasama yang baik antar sesama instansi penegak hukum jika Indonesia menginginkankan solusi permasalahan. @ann


alexa ComScore Quantcast

Google Analytics NOscript

0 comments:

Post a Comment